Friday 9 January 2015

TUGAS PPD PGSD FIP UNM M3.1


MAKALAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
MASALAH YANG TERJADI DI SEKOLAH DASAR




 









Oleh
SUTRYANY
1447042002




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2015


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa karena atas berkat dan rahmatnya sehingga masih dapat memberikan kemudahan atas pembuatan makalah ini, . Serta tak lupa pula kita kirimkan  salawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, sehingga dalam pembuatan makalah ini dapat selesai dengan waktu yang terbilang singkat. Makalah ini sengaja kami buat agar pembaca dapat memahami pentingnya mengetahui isi yang ada dalam makalah ini.  Masalah yang ada dalam makalah ini merupakan masalah yang terjadi di dalam sekolah dasar yang harus kita ketahui, masalah yang ada yakni masalah mengenai anak yang suka tidur pada  jam pelajaran di dalam sekolah.
Oleh karena itu, penulis berharap dengan adanya makalah ini dapat berguna bagi pembaca, sehingga dapat lebih menambah pengetahuan dan menambah informasi mengenai masalah yang terjadi pada peserta didik. Walaupun dalam pembuatan makalah ini masih perlu perbaikan dan belum sesempurna yang didinginkan pembaca, tetapi ada pepatah mengatakan ‘ segala yang telah tercipta tak selamanya indah seperti bunga yang mekar’ dari maka itu kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk menjadikan makalah ini lebih baik. Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada dosen  yang telah mendukung kami dalam pembuatan makalah ini, begitupun dengan teman-teman yang telah banyak membantu dan memberikan dukungan yang besar untuk terciptanya makalah ini. 
 Makassar, 09 januari 2015

             
  Penulis 

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG
2.     RUMUSAN MASALAH
3.     TUJUAN PENULIS
BAB 11 PEMBAHASAN
1.      MASALAH YANY TERJADI DI SEKOLAH DASAR
2.     PENYEBAB MASALAH
3.     SOLUSI MASALAH
BAB III PENUTUP
1.      KESIMPULAN
2.     KRITIK DAN SARAN













BAB I
PENDAHULUAN
1.       LATAR BELAKANG
Mengantuk  pada saat belajar di kelas adalah fenomena yang sering terjadi di masyarakat terutama murid-murid disekolah.  Hal inilah mengapa permasalahan tersebut bukan lagi masalah yang perlu diperdebatkan, sehingga  siswa yang tidur dalam proses belajar adalah tanggung jawab dari guru maupun orang tua karena terkadang tergantung dari lingkungan dan kondisi  yang mengakibatkan timbulnya masalah tersebut. diindonesia sendiri kerap kita temui siswa pada jam-jam pelajaran terakhir maupun pada jam siang timbul rasa mengantuk yang membuat guru-guru kadang jengkel akan siswa yang seperti ini. Di Indonesia merupakan Negara iklim panas sehingga pada siang hari timbul rasa mengantuk ,walaupun rata-rata sekolah yang ada diindonesia  guru-guru melarang siswanya tidur dalam proses belajar . namun sebaliknya di sebuah sekolah yakni cina haruslah menjadi contoh untuk guru-guru diindonesia . di cina telah menjadi budaya bagi sekolah-sekolah dasar untuk mengharuskan muridnya untuk tidur siang, bahkan kegiatan tidur sia merupakan kegiatan sekolah.
2.       RUMUSAN MASALAH
a.    Masalah yang terjadi di sekolah dasar ?
b.    Penyebab dari masalah yang terjadi sesuai dengan kondisi, social,dan fisik ?
c.    Solusi dalam masalah yang terjadi di sekolah dasar?
3.       TUJUAN PENULIS
a.    Untuk mengetahui masalah-masalah yang terjadi di sekolah dasar.
b.    Untuk mengetahui penyebab dari masalah yang timbul.
c.    Untuk mengetahui cara atau solusi mengenai masalah yang terjadi di sekolah dasar.

BAB 11
PEMBAHASAN
1.       MASALAH YANG TERJADI DI SEKOLAH DASAR
Mengantuk  merupakan proses fisologi yang hampir semua orang mengalami kejadian seperti ini,karena kadang- kadang sering bahkan selalu mengantuk di dalam kelas merupakan suatu hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar. Dalam hal ini mengantuk juga merupakan sesuatu yang pada hakikatnya terjadi tanpa kesadaran seseorang itu yang tanpa sadar ia tertidur ataukah pada dasarnya ada keinginan untuk tertidur sejenak, namun pada akhirnya iapun tertidur. Permasalahan ini kerap terjadi bukan hanya di kalangan dewasa, remaja bahkan dikalangan siswa disekolah dasar kerap  terjadi masalah seperti ini, yang mengakibatkan siswa tersebut tidak konsen dalam belajar dan membuatnya ketinggalan dalam pelajaran yang di terangkan oleh gurunya.
2.      PENYEBAB MASALAH
Penyebabnya adalah faktor kebiasaan apalagi ketika jam pelajaran terakhir, kerap terjadi siswa yang tertidur. Adapun hal-hal yang menyebabkan terjadinya siswa tertidur didalam kelas yakni siswa yang bosan  akan  pelajaran tersebut, sehingga kerap siswa yang seperti ini timbul rasa ingin tertidur dari hal itulah tergantung dari situasi dan kondisi dalam suasana kelas yang terjadi diakibatkan oleh guru yang acuh-tak acuh mengenai siswanya. Bahkan mungkin diakibatkan karena kekeyangan sehingga pada proses belajar tersebut siswa akan merasa mengantuk, adapun penyebab tertidur   mungkin karena kelelahan yang mengakibatkan anak tersebut merasa lelah untuk belajar dan merasakan keinginan yang teramat ingin tertidur. Walaupun pada dasarnya kadang pula ada guru yang tidak mengerti akan muridnya tersebut, guru seperti inilah yang acuh-tak acuh akan kondisi murid dan terus melanjutkan pelajarannya tanpa menegur siswanya yang tertidur. Namun kerap juga dijumpai guru yang menegur muridnya tanpa menanyakan penyebabnya dan guru tersebut hanya melihat apa yang ia lihat, sehingga murid yang tertidur tadi diberikan sanksi tergantung dari guru tersebut. beberapa faktor penyebab tersebut mengakibatkan siswa tersebut ketinggalan dalam pelajaran, adapun faktor lain yakni siswa yang mengalami rasa mengantuk didalam kelas diakibatkan oleh faktor dari luar seperti siswa yang suka begadang sampai larut malam, sehingga hal ini juga di pengaruhi oleh keluarga yang membiarkan anaknya begadang dan acuh-tak acuh akan  apa yang terjadi disekolah anaknya yang sering kali di tegur oleh guru akibat anaknya tertidur didalam kelas. Namun ada pula orang tua yang telah menasehati anaknya hingga membuatnya sedikit keras akan teguran tersebut, sehingga anak kerap lebih menjadi-jadi bahkan balik membantah kedua orang tuanya. Faktor lain yakni timbulnya teknologi-teknologi yang berkembang di zaman sekarang yang membuat anak tersebut lebih memilih untuk bermain ketimbang belajar ketika malam, sehingga anak tersebut acuh-tak acuh akan hari esok di sekolahnya.
Sebuah penelitian baru mengungkap bahwa tidur dalam kelas itu setelah belajar itu menceerdaskan. Penelitian baru tidur dalam kelas ini, diungkapkan dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science One. Tim peneliti dari University of Notre Dame, Indiana, menemukan sebuah fakta bahwa tertidur setelah menerima pelajaran di kelas membuat sistem pencernaan informasi menjadi lebih mudah. Peneliti menyimpulkan bahwa tidur setelah belajar atau menerima informasi baru sangat bermanfaat untuk ingatan seseorang. "Studi kami mengkonfirmasikan bahwa tidur setelah belajar sesuatu yang baru sangat bermanfaat untuk memori," kata Jessica Payne, seorang psikolog yang terlibat dalam studi tersebut.
Jika di Indonesia para siswa dilarang tidur didalam kelas, di Cina tidur siang di dalam kelas malah sudah jadi budaya beberapa sekolah dasar. Seperti sekolah dasar 1 Goaxin di Cina bagian barat, yang telah mewajibkan para siswa untuk tetap tidur siang di dalam kelas setiap hari sekolah.Dan kegiatan tidur siang ini termasuk dalam kegiatan sekolah. Bila ada siswa yang tak mau tidur siang, maka para guru pun akan tetap mengarahkan mereka masuk kedalam kelas dan memerintahkannya untuk tidur siang.Dalam masa pertumbuhan tidur siang memang sangat baik untuk kesehatan. Namun sayangnya para siswa di sekolah ini tidur siang hanya dengan beralaskan meja belajarnya masing-masing.Hal ini dikarenakan bangunan sekolah yang tidak memadai untuk membuat sebuah ruang khusus tempat istirahat para murid. Maka untuk membuat ruang kelas tetap terlihat rapi, posisi tidur para siswa sudah diatur oleh para guru sebelum mereka terlelap dan bermimpi.Dalam masa pertumbuhan tidur siang memang sangat baik untuk kesehatan. Namun sayangnya para siswa di sekolah ini tidur siang hanya dengan beralaskan meja belajarnya masing-masing.Hal ini dikarenakan bangunan sekolah yang tidak memadai untuk membuat sebuah ruang khusus tempat istirahat para murid. Maka untuk membuat ruang kelas tetap terlihat rapi, posisi tidur para siswa sudah diatur oleh para guru sebelum mereka terlelap dan bermimpi.Di sekolah dasar 1 Goaxin ini, tidur siang adalah sebuah konsep umum yang sudah dipraktekkan sejak lama. Kegiatan ini dinamakan Wu Jiao dan biasanya jam tidur berlangsung setelah jam makan siang selama setengah jam. Karena sudah menjadi kegiatan rutin, bantal dan selimut mini sudah menjadi bekal wajib untuk sebagian siswa. Tak hanya di sekolah ini, budaya tidur siang juga telah di pratekkan di sekolah-sekolah Daratan Utama Cina dan juga sebagian daerah Taiwan.Terlepas dari kabar soal kejamnya para guru Cina dalam melatih para calon Atlit, ternyata Cina juga cukup memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan para siswa.

3.      Solusi masalah
Terkait mengenai masalah siswa yang mengantuk dalam proses belajar tersebut, kini adapun solusi yang dapat diterapkan oleh guru agar siswa tersebut dapat berkontsentrasi dalam belajar yakni didalam proses belajar sebaiknya guru menyelipkan sebuah candaan atau hiburan untuk siswanya agar siswa tersebut tidak merasa bosan akan pelajaran tersebut. begitupun dengan  Orang tua harus menasehati atau menyuruh dan memberikan batasan waktu siswa untuk istirahat agar pada pagi harinya siswa tidak mengantuk di sekolah.dan guru juga harus memberikan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didiknya sehingga peserta didik tidak bosan. Adapun solusi untuk siswa yakni  tidur selama 8 jam sehari karena tidur yang mencukupi menjamin kesegaran di dalam kelas. Walaubagaimanapun, pelajar selalunya akan mencari waktu yang sesuai untuk mencukupi waktu tidurnya, sehingga waktu kelas lah yang selalu menjadi mangsa keadaan. Dan tidur awal karena akan mempunyai waktu tidur yang mencukupi, sehingga  dapat bangun pada jam 7 pagi. Bahkan perbanyaklah minum air pada waktu pagi karena air namun  di sini maksudnya air yang boleh memberikan tenaga berlebihan kepada anda,Contohnya air kopi, Tongkat Ali, Redbull, Livita, Nescafe dan lain-lain lagi. Adapun cara menurangi rasa mengantuk  yakni Jangan terlalu banyak membuang tenaga pada saat waktunya istirahat ,misalkan bermain bola atau kegiatan lainnya sehingga energi tidak banyak terkuras. Konsentrasi penuh pada saat pelajaran,meskipun pelajaran tersebut kurang diminati.Usaha bertanya pada guru yang sedang memberikan pelajaran karena dengan bertanya tentu akan berkonsentrasi penuh dan penyerapan materi pelajaran lebih hangat dan ringan diingat lebih lama. Namun   Jika dengan usaha tersebut rasa ngantuk belum juga hilang maka mintalah ijin pada guru untuk mencuci muka kebelakang dan sekalian menghirup udara segar sehingga suasana akan segar kembali.








BAB III
PENUTUP
1.     Kesimpulan
Mengenai masalah yang telah dibahas kini dapat kta simpulkan bahwa mengantuk merupakan sesuatu yang terjadi dan dapat dialami oleh setiap orang, begitupun dengan siswa di sekolah dasar yang kerap mengalami hal tersebut. faktor penyebab timbulnya rasa mengantuk yakni rasa bosan,jenuh,dan faktor-faktor yang timbul dari kehidupan siswa tersebut. solusi yang dapat kita lakukan terutama bagi guru yakni sesekali dalam proses belajar mengajar hendaknya sesekali sisipkan sebuah candaan dan hiburan agar siswa tak merasa mengantuk.
2.    saran
Saran saya untuk calon guru sebaiknya menerapkan metode tidur siang seperti yang ada di cina agar siswa pada jam-jam berikutnya dapat berkonsentrasi dan tidak merasa mengantuk lagi. Begitupun dengan orang tua untuk lebih memperhatikan anaknya agar kedepannya dapat menerapkan untuk membiarkan anak lebih banyak istirahat ketika berada di rumah.








Daftar pustaka





No comments:

Post a Comment

Hakikat Konsep serta Pentingnya Kesadaran dalam Perspektif Global (unm)

MAKALAH  PERSPEKTIF GLOBAL (  Hakikat dan Konsep serta Pentingnya Kesadaran dalam Perspektif Global ) ...